Berita

PENDAMPINGAN OLIMPIADE PENELITIAN SISWA INDONESIA (OPSI) BIDANG IPS SMP PANGUDI LUHUR 1 YOGYAKARTA

22 Januari 2025

Pada bulan November-Desember 2024, salah satu dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Sanata Dharma (USD), yaitu Nicolas Bayu Kristiawan, S.Pd., M.Sc. melakukan pendampingan persiapan Olimpiade  Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) di SMP Pangudi Luhur 1 Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan wujud dari kerja sama antara Yayasan Pangudi Luhur Perwakilan Yogyakarta dan  Universitas Sanata Dharma, khususnya dalam bidang Pendidikan. Kegiatan ini dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan pada bulan November sampai dengan Desember 2024.

Kegiatan pendampingan OPSI bidang IPS tersebut dilakukan di kelas 7G SMP Pangudi Luhur 1 Yogyakarta, yang beralamat di Jl. Timoho II/29 Yogyakarta. Selain untuk menjalin kerjasama dengan Yayasan Pangudi Luhur perwakilan Yogyakarta, kegiatan ini juga bertujuan agar siswa menjadi lebih terdampingi dalam persiapan mengikuti OPSI bidang IPS dan agar siswa mampu menyusun proposal penelitian, melaksanakan penelitian, dan menyusun laporan penelitian dengan baik dan benar, sehingga dapat berpartisipasi dalam gelaran OPSI dan meraih prestasi.


Ada empat siswa yang bergabung dalam pendampingan ini, yaitu Daniella Sudi Mandhegani, Scolastica Alyadebita Tiara Maharani, Gabriella Lalita Devarakshita, dan Bernadette Elkia Kusumaningtyas, serta ditemani oleh 1 guru IPS yaitu Ibu Shinta Dewi Rhamasari, S.Pd.

Kegiatan pendampingan OPSI ini memiliki beberapa tujuan dan manfaat, seperti: 1) mengembangkan kerjasama antara Yayasan Pangudi Luhur Perwakilan Yogyakarta dan Prodi Pendidikan Ekonomi, Universitas Sanata Dharma, 2) siswa mendapat pengetahuan baru mengenai bagaimana cara menyusun proposal penelitian, melaksanakan penelitian, dan menyusun laporan penelitian dengan baik dan benar, 3) membentuk kepribadian siswa yang berintegritas, bertanggungjawab, mampu berpikir logis dan kritis, serta mampu bekerja sama dalam tim.

Dalam proses pendampingan, para siswa sangat antusias dan senang dalam mengikuti kegiatan ini. Selain itu, para siswa juga mampu memahami materi-materi yang disampaikan oleh dosen pendamping. Hal ini terlihat dari kemampuan siswa dalam menyusun proposal penelitian dengan baik dan benar.

NBK

Kembali