Berita
Diskusi Mengenai Materi Kuliah Teori, Model, Metode, serta perencanaan Pembelajaran
14-03-2025 13:24:30 WIB

13 Maret 2025, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sanata Dharma (USD) mengadakan diskusi mengenai hasil analisis pencapaian mahasiswa dalam Uji Kompetensi Calon Guru (UKCG). Kegiatan ini berlangsung di Ruang Kadarman, Kampus II, Universitas Sanata Dharma, yang dihadiri oleh Dekan FKIP, Wakil Dekan I FKIP, Wakil Dekan II FKIP, dan para dosen FKIP yang mengampu mata kuliah teori, model, metode, serta perencanaan pembelajaran di semua program sarjana di lingkungan FKIP. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan hasil UKCG bagian pedagogi dan mengidentifikasi apakah konsep-konsep yang ada pada UKCG sudah menjadi bagian dari konsep-konsep yang dibelajarkan kepada mahasiswa di setiap program studi program sarjana yang dikelola oleh FKIP. Kegiatan ini dipandu oleh Dr. Hongki Julie, M.Si.
Kegiatan ini diawali oleh pengantar dari Dekan FKIP, Drs. Tarsisius Sarkim, M.Ed., Ph,D. Dalam pengantarnya, beliau mengajak para dosen untuk secara aktif menganalisis dan mengelola teori pembelajaran, teori belajar, model, metode, dan strategi yang efektif untuk masing-masing mata kuliah dalam program studi FKIP.

Kegiatan diskusi diawali dengan paparan dari tim analisis hasil UKCG untuk bagian pedagogi. Paparan pertama membahas hasil UKCG di bagian pedagogi untuk bagian pendekatan, strategi, dan teknik pembelajaran yang akan dibawakan oleh Johnsen Harta, M.Pd. Pembahasan dilanjutkan dengan paparan hasil UKCG untuk bagian pedagogi tentang prinsip perencanaan dasar pembelajaran yang akan dibawakan oleh Dr. Benedecta Indah Nugraheni, S.Pd., S.I.P. Di bagian kedua, membahas hasil UKCG untuk bagian pedagogi tentang konsep dasar, teori kurikulum, dan pembelajaran yang dibawakan oleh Dr. Luisa Diana Handoyo, M.Si., dan dalam pembahasan berikutnya, membahas hasil UKCG untuk bagian pedagogi tentang perkembangan peserta didik yang akan dibawakan oleh Rishe Purnama Dewi, S.Pd., M.Hum. Paparan selanjutnya adalah tentang hasil UKCG bidang pedagogi untuk empat bagian seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya khusus untuk Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang dibawakan oleh Eny Winarti, M.Hum., Ph.D.
Setelah pemaparan presentasi dari tim UKCG selesai, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi kelompok masing-masing Program Studi. Pada sesi diskusi, tugas setiap dosen di setiap program studi adalah mengidentifikasi apakah konsep-konsep dalam UKCG yang sudah dipaparkan oleh para pembahas di sesi pertama ada di dalam matakuliah yang dikelola oleh program studi masing-masing. Dalam sesi diskusi, para dosen bekerja dengan penuh semangat dan aktif dalam mengidentifikasi konsep-konsep dalam UKCG bagian pedagogi untuk materi tentang teori, model, metode, serta perencanaan pembelajaran yang ada di dalam materi-materi kuliah pembelajaran di setiap program studi di lingkup FKIP.

Kegiatan diskusi diawali dengan paparan dari tim analisis hasil UKCG untuk bagian pedagogi. Paparan pertama membahas hasil UKCG di bagian pedagogi untuk bagian pendekatan, strategi, dan teknik pembelajaran yang akan dibawakan oleh Johnsen Harta, M.Pd. Pembahasan dilanjutkan dengan paparan hasil UKCG untuk bagian pedagogi tentang prinsip perencanaan dasar pembelajaran yang akan dibawakan oleh Dr. Benedecta Indah Nugraheni, S.Pd., S.I.P. Di bagian kedua, membahas hasil UKCG untuk bagian pedagogi tentang konsep dasar, teori kurikulum, dan pembelajaran yang dibawakan oleh Dr. Luisa Diana Handoyo, M.Si., dan dalam pembahasan berikutnya, membahas hasil UKCG untuk bagian pedagogi tentang perkembangan peserta didik yang akan dibawakan oleh Rishe Purnama Dewi, S.Pd., M.Hum. Paparan selanjutnya adalah tentang hasil UKCG bidang pedagogi untuk empat bagian seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya khusus untuk Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang dibawakan oleh Eny Winarti, M.Hum., Ph.D.
Setelah pemaparan presentasi dari tim UKCG selesai, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi kelompok masing-masing Program Studi. Pada sesi diskusi, tugas setiap dosen di setiap program studi adalah mengidentifikasi apakah konsep-konsep dalam UKCG yang sudah dipaparkan oleh para pembahas di sesi pertama ada di dalam matakuliah yang dikelola oleh program studi masing-masing. Dalam sesi diskusi, para dosen bekerja dengan penuh semangat dan aktif dalam mengidentifikasi konsep-konsep dalam UKCG bagian pedagogi untuk materi tentang teori, model, metode, serta perencanaan pembelajaran yang ada di dalam materi-materi kuliah pembelajaran di setiap program studi di lingkup FKIP.
kembali
- Prodi Matematika USD Raih Akreditasi Unggul
- Prodi Pendidikan Sejarah Gelar Pelatihan Literasi Informasi untuk Penulisan Ilmiah
- Kuliah Tamu Pendidikan Biologi: Menggali Keterkaitan Antropobiologi dan Karya Sastra
- Guru SMP Bahasa Inggris dan IPA Yayasan Santo Dominikus Tingkatan Kompetensi Melalui Pelatihan Intensif
- Kuliah Umum PBI: Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran
- Peresmian STEAM Learning Center dan Fabrication Laboratory di Kampus III USD
- Diskusi Mengenai Materi Kuliah Teori, Model, Metode, serta perencanaan Pembelajaran
- Belajar Bersama Dosen FKIP: Paradigma Pedagogi Ignasian mengenai kisah, ide dasar, dan interpretasi
- Pelatihan Guru SMP Yayasan Santo Dominikus Tingkatkan Kompotensi Bahasa Indonesia dan Matematika
- Prof. Dr. Pranowo, M.Pd Guru Besar Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Purnakarya