Berita

PK-KM Fasilitasi Sarjana Farmasi USD Hasilkan Lulusan Adaptif dan Responsif

Mon, 29 Aug 2022

Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma berhasil memperoleh Program Kompetisi Kampus Merdeka tahun 2022. Salah satu aktivitas dalam hibah ini adalah Peningkatan Kompetensi Pedagogi Praktisi Apoteker. Pada Selasa, 23 Agustus 2022 di Hotel Grand Ambarukmo, aktivitas tersebut dimulai dengan kegiatan pendampingan program magang early pharmacy exposure. Kegiatan ini menghimpun dosen dan praktisi serta 33 stakeholders lainnya untuk menciptakan modul magang sehingga dapat tercapai kesepahaman antara teori dan praktek.

Kegiatan dibuka oleh Dekan Farmasi USD, Dr. apt. Dewi Setyaningsih. Dalam sambutannya, Ibu Dewi mengungkapkan bahwa “Aktivitas ini akan menghasilkan modul sebagai alat untuk mendukung lulusan kami agar adaptif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat”. Modul magang yang disusun diharapkan dapat menghasilkan apoteker yang lebih cakap dengan adanya pemaparan situasi lapangan lebih awal, yakni sejak mahasiswa di jenjang sarjana.

Aktivitas ini menghadirkan pembicara dan reviewer apt. Fransiscus Cahyo Kristianto, S.Si., M.Farm-Klin, yang adalah Global leader for Early-career Training Strategy-Worksforce Development Hub in FIP dan Ketua bidang Pendidikan dan Pelatihan dalam PP IAI. Dalam paparannya, Bp. Frans menyampaikan, “Magang sebagai bentuk praktek mampu meningkatkan retensi ilmu pengetahuan mahasiswa. Magang S1 sebagai program unggulan dan bagi Fakultas Farmasi mampu membantu ketercapaian kelulusan UKAI 100%”. Lebih lanjut pembicara memaparkan berbagai metode pembelajaran kegiatan magang mahasiswa sarjana Farmasi sebaiknya dilakukan, yakni mulai dari sebelum sampai dengan debriefing magang.

Pelaksanaan kegiatan ini tentunya menjadi batu pijakan untuk menjawab tantangan kebutuhan apoteker yang siap kerja. Kegiatan ini akan dilanjutkan dengan proses review modul sampai dengan tanggal 7 September 2022.

(c-DMV)

 back
Archive