FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS SANATA DHARMA

Penjajah 2021 (Penyambutan Mahasiswa Sejarah)

Sabtu, 8 September 2021 menjadi hari spesial bagi para Mahasiswa Baru Prodi Sejarah. Pada hari ini mereka disambut sebagai bagian Keluarga Besar Prodi Sejarah dalam acara Penjajah 2021 (Penyambutan Mahasiswa Sejarah) dengan tema “Melihat Masa Lalu untuk Melangkah ke Masa Depan”. Selain menyambut mahasiswa baru, acara yang merupakan kegiatan rutin tahunan HMPS Sejarah ini juga menjadi ajang kreativitas mahasiswa. Karena situasi pandemi, acara ini digelar secara daring melalui Zoom Meeting dan berfokus pada pengenalan organisasi mahasiswa dan orientasi akademik.

Acara kali ini dihadiri baik mahasiswa baru Sejarah 2021 maupun mahasiswa Sejarah angkatan tahun 2020-2018. Tak ketinggalan pula, para dosen ikut ambil bagian dalam acara ini. Kaprodi Sejarah USD, Drs. Silverio Raden Lilik Aji Sampurno M.Hum, memaparkan proses perkuliahan di masa pandemi, dilanjutkan pengenalan para dosen Prodi Sejarah USD.  Sementara itu Dosen Pendamping Akademik Angkatan (DPA) 2021, Chandra Halim, S.S., M.A. memaparkan hal-hal teknis akademik belajar di Prodi Sejarah USD.

Sebagai wadah pengenalan kegiatan kemahasiswaan di Prodi Sejarah, HMPS Sejarah memperkenalkan berbagai organisasi dan kegiatan yang ada, yakni Majelis Perwakilan Angkatan, dan berbagai UKPS di Prodi Sejarah yakni Lawas Media, Bulutangkis, Futsal, dan Rumah Seni Sejarah memperkenalkan kegiatannya. Mahasiswa baru diharapkan untuk bergabung dengan berbagai kegiatan yang ada.  

Acara Penjajah ini menjadi ramai dengan adanya permainan dan sharing kakak tingkat. Sharing kakak tingkat diisi oleh Vitae (2019) dan Evan (2020) serta alumni Sejarah oleh Kak Darren. Sesi sharing ini menjadi pelengkap dari sesi orientasi akademik. Para kakak tingkat dan alumni membagikan bermacam pengalaman dalam kehidupan perkuliahan di Sejarah dan bagaimana kegiatan Penjajah ini turut berkesan bagi mereka sehingga menjadi peneguhan untuk memilih studi di Prodi Sejarah. Pak Halim dosen sekaligus alumni Sejarah USD turut membagikan kisahnya tentang pilihannya untuk studi di Prodi Sejarah yang diharapkan dapat membantu para mahasiswa baru untuk semakin yakin pada pilihannya. Acara Penjajah ini akhirnya ditutup dengan doa bersama dan sesi dokumentasi. Setelah acara ini usai banyak harapan dari para mahasiswa agar situasi dapat segera membaik sehingga dapat kuliah dan melakukan kegiatan secara luring.

“Verba Volant Scripta Manent”.

Tayangan lengkap Penjajah 2021 dapat ditonton melalui  https://www.youtube.com/watch?v=Koc2RaVx-0M&t=573s

-Patria Budi Suharyo (Sejarah 19)-

Kembali