FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS SANATA DHARMA

Study Trip 2022: Jelajah Sejarah Peninggalan Kerajaan Majapahit

Pada tanggal 22 dan 23 Oktober 2022 mahasiswa/i Program Studi Sejarah Universitas Sanata Dharma menyelenggarakan kegiatan Study Trip yang merupakan kegiatan tahunan bertujuan mempersiapkan dan membuka wawasan kesejarahan kepada mahasiswa/i Program Studi Sejarah. Di samping itu, kegiatan ini menjadi wadah bagi mahasiswa/i dalam membangun semangat kekeluargaan di Prodi Sejarah baik antarmahasiswa maupun antara mahasiswa dengan dosen dan staf.

Kegiatan Study Trip tahun ini mengambil tema “Mengulas Kembali Peninggalan Sejarah Masa Klasik Kerajaan Majapahit”. Diikuti oleh 80 mahasiswa, didampingi Heri Setyawan SJ dan F. Galih Adi Utama, MA selaku dosen Prodi Sejarah.
Setelah melakukan perjalanan kurang lebih 4 jam, rombongan mengunjungi destinasi pertama, yaitu Candi Waringin, dilanjutkan Bajang Ratu, Candi Tikus, dan Candi Brahu. Para peserta antusias mendengarkan penjelasan pemandu yang menjelaskan sejarah tempat-tempat tersebut. Para peserta juga terlihat menikmati suasana candi dan kebersamaan. Banyak yang melakukan foto-foto baik bersama maupun pribadi. Beberapa dengan antusias memperhatikan situs-situs yang ada.
Pada hari kedua, rombongan menuju Museum Majapahit. Pihak museum menerima di pendopo dan menjelaskan banyak hal mengenai museum dan kerajaan Majapahit. Acara dilanjutkan dengan rekreasi di kota Madiun. Selanjutnya perjalanan pulang ke kampus dilanjutkan. Rombongan tiba di kampus pukul 22.30 WIB. Walaupun terlihat lelah, para peserta terlihat antusias dan gembira. Informasi dan pengalaman ini akan dilanjutkan dalam perkuliahan khususnya dalam matakuliah terkait sejarah masa klasik dan sejarah lokal.

Kembali