FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS SANATA DHARMA

Virtual Field Trip Sejarah: “Pemanfaatan Digitalisasi Arsip dalam Studi Sejarah”

Senin (26/10) HMPS Sejarah Universitas Sanata Dharma menyelenggarakan webinar dengan tema “Pemanfaatan Digitalisasi Arsip dalam Studi Sejarah”. Acara yang digagas oleh HMPS Sejarah ini merupakan acara pengganti dari program Studi Trip yang pada tahun ini tidak dapat dilaksanakan karena adanya pandemi Covid-19.

Sebagai pengganti Studi Trip, maka dalam acara webinar ini para peserta diajak untuk mengenal arsip dengan mengundang narasumber yang menekuni kearsipan yaitu Mira Puspita Rini (Koordinator Layanan Arsip ANRI) dan Faizatush Sholikhah (Kaprodi D4 Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi UGM).

Acara berjalan selama tiga jam dan banyak menarik perhatian peserta. Para peserta antusias mengikuti pemaparan materi. Sesi diskusi pun berjalan hidup. Undangan dan informasi webinar yang tersebar membuat banyak peserta dari luar kampus Sanata Dharma turut hadir dan terlibat aktif dalam sesi diskusi. Para peserta berasal dari berbagai bidang disiplin ilmu. Banyak di antara peserta juga merupakan arsiparis dari lembaga arsip daerah.

Melalui pemaparan para narasumber, para peserta mendapat penjelasan mengenai berbagai jenis arsip di ANRI dan bagaimana memanfaatkan arsip yang dikoleksi. Ibu Faizatush Sholikhah dari Vokasi Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi UGM memaparkan bahwa digitalisasi arsip menjadi sangat penting untuk saat ini sehingga berbagai arsip dapat didokumentasikan dengan baik dan mudah diakses banyak orang.

Sesi diskusi juga menjadi menarik dengan adanya tanya jawab tidak hanya antara peserta dengan narasumber tetapi juga tambahan informasi dari peserta yang berasal dari berbagai tempat terutama beberapa peserta dari pengurus arsip daerah. Para peserta, khususnya para mahasiswa dan peneliti mendapatkan informasi penting tentang cara mengakses arsip-arsip yang tersedia di daerah-daerah.

Kembali