FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS SANATA DHARMA

Webinar Evaluasi dan Refleksi Mahasiswa 2020

Acara Malam Evaluasi dan Refleksi Mahasiswa tahun 2020 kali ini berbeda dibandingkan kegiatan serupa tahun-tahun sebelumnya. Karena terdampak Pandemi Covid-19, maka acara tahun ini diselenggarakan secara online, yakni dengan mengadakan acara webinar pada 17 Oktober 2020 bertema “Masa Depan Sejarawan Muda”. Sekalipun mengambil konsep acara yang berbeda, namun panitia dari HMPS berusaha mengemas acara menjadi menarik dan tidak kehilangan tujuan awalnya, yakni menjalin keakraban semua keluarga Prodi Sejarah dan mengembangkan kegiatan akademik Prodi Sejarah.

Selain mengundang para dosen, webinar ini menghadirkan dua alumni Prodi Sejarah untuk menceritakan pengalaman mereka dalam dunia kerja dan hubungannya dengan pembelajaran di Prodi Sejarah. Martinus Danang Pratama Wicaksana yang saat ini bekerja di Kompas dan Stephanie Woro Nariswari yang banyak melakukan kegiatan sosial kemasyarakatan menceritakan pengalaman mereka. Dalam paparannya, Martinus Danang menceritakan pengalamannya terlibat di litbag Kompas dan pentingnya para sejarawan muda menggali sejarah dengan tekun, memanfaatkan sumber sejarah dan berusaha memberi pencerahan atas permasalahan masa kini dengan perspektif sejarah. Sementara itu Mbak Naris memaparkan bahaya kekerasan seksual baik yang terjadi di masyarakat maupun kampus.

Setelah sarasehan, guna mempererat solidaritas dan sportivitas dalam Prodi Sejarah panitia mengadakan games tebak film yang diikuti oleh para dosen dan mahasiswa. Memang, acara ini berbeda dengan tahun 2019 lalu. Pada tahun 2019 Malam Evaluasi dan Refleksi mahasiswa diadakan di Ndolan Ndeso, Kulon Progo dengan berkumpul bersama, menginap satu malam dan bermain games.

Games virtual yang diadakan dalam webinar ini juga seru. Segenap mahasiswa dan dosen ikut permainan ini. Games ini dimenangkan oleh para mahasiswa angkatan 2020. Acara ini ditutup dengan pembacaan pemenang games.

Kembali