FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS SANATA DHARMA

PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) 2022

Program Kreativitas Mahasiswa atau yang disingkat PKM merupakan suatu kegiatan yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas. Program Kreativitas Mahasiswa ini sendiri merupakan perkembangan lebih lanjut dari Program Karya Alternatif Mahasiswa yang sebelumnya dibentuk pada tahun 1997, yang lalu berganti menjadi Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2001 dengan tujuan untuk memperluas cakupan dan mengurangi batasan bagi mahasiswa dalam berkreasi.
Prodi Sejarah Universitas Sanata Dharma mengadakan sosialisasi terhadap Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) bersama pemateri Bapak Eko Hari Parmadi, S.Si., M.Kom. Kegiatan ini juga dihadiri beberapa mahasiswa/i dan beberapa dosen prodi Sejarah Universitas Sanata Dharma. Kegiatan PKM ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 17 September 2022, bertempat di ruang kelas S302 kampus 1 Universitas Sanata Dharma. Kegiatan sosialisasi tersebut berlangsung dari pukul 14.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Dalam kegiatan sosialisasi pak Eko memaparkan penjelasan kegiatan PKM sebagai tempat bagi mahasiswa/i untuk dapat mengembangkan kreativitas serta inovasi di bidang penelitian sesuai dengan kaidah ilmiah. Selain itu melalui sosialisasi kegiatan diharapakan para mahasiswa/i bisa mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang potensial, berdaya guna, serta bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat. Mahasiswa/i juga diharapkan dapat mengembangkan penelitian berdasarkan pengamatan atas fenomena sosial masyarakat di sekitarnya, mampu memahami arti riset atau penelitian, tujuan, dan manfaatnya. Dengan bekal tersebut, mahasiswa akan mampu melakukan pendekatan ilmiah secara kreatif dan inovatif untuk mengungkap suatu fenomena, menemukan kebaruan atau membuktikan hipotesis dalam bidang sosial humaniora. Mahasiswa/i diharapkan mampu mengkritisi fenomena sosial humaniora yang ada di masyarakat dengan pendekatan keilmuan, menggunakan metode yang tepat dalam mencari informasi, menganalisis informasi menggunakan teori, dan memberikan jawaban atas permasalahan yang ada dari fenomena tersebut. Dengan demikian, hasil penelitian dapat dipublikasikan serta memberikan manfaat bagi pihak-pihak berkepentingan.

Pada penghujung acara, peserta kegiatan PKM diberikan kesempatan untuk melakukan sesi tanya jawab serta mendiskusikan rencana proposal yang akan diajukan untuk kegiatan PKM. Dengan adanya sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa di Prodi Sejarah Universitas Sanata Dharma, diharapkan para mahasiswa dapat menggali gagasan dan mengembangkan suatu penemuan kreatif inovatif berbasis riset untuk dapat diikutsertakan dalam ajang PKM tahun-tahun mendatang.

Kembali