FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS SANATA DHARMA

Penyambutan Mahasiswa Sejarah/Penjajah 2022

Penjajah/ Penyambutan Mahasiswa Sejarah merupakan kegiatan rutin tahunan HMPS Sejarah untuk menyambut mahasiswa baru. Kegiatan ini adalah ajang untuk menunjukkan kreativitas mahasiswa sejarah Universitas Sanata Dharma sekaligus menyambut mahasiswa baru untuk mempererat relasi antar angkatan di Prodi Sejarah. Penjajah 2022 kali ini kembali dilaksanakan secara luring dengan mengangkat tema “Awal Berbeda, Akhir Bersama dalam Sejarah”. Yang membedakan dari Penjajah sebelumnya adalah, Penjajah 2022 menggabungkan dua angkatan sekaligus yakni angkatan 2022 dan 2021.
Tema “Awal yang berbeda” memiliki arti bahwa pengalaman hidup setiap pribadi menjadi pijakan awal mewujudkan mimpi dalam keluarga Prodi Sejarah Universitas Sanata Dharma. Sementara itu “...Akhir Bersama dalam Sejarah” berarti para mahasiswa diharapkan dapat berjalan secara berdampingan dan saling mendukung. Kekuatan sinergi yang dibangun antar lintas angkatan membuat prodi sejarah akan semangat erat dan tali kekeluargaan berkembang ke arah yang lebih baik untuk berani beraksi mewujudkan mimpi.
 
Acara Penjajah kali ini dilaksanakan pada Jumat 23, September 2022 bertempat di lantai dasar Fakultas Sastra Universitas Sanata Dharma. Dalam Penjajah 2022 ini RESAH (Rumah Seni Sejarah) juga turut memeriahkan acara. Mengingat bahwa Penjajah kali ini menggabungkan dua angkatan sekaligus, para peserta antusias dan semangat dalam mengikuti acara ini. Diawali dengan registrasi, kemudian disambung dengan pembukaan yang dibawakan oleh MC. Kaprodi dan Wakaprodi Sejarah turut memberikan sambutan dan memperkenalkan para dosen dan staf. Panitia juga mempromosikan organisasi-organisasi yang ada di Prodi Sejarah seperti HMPS, UKPS, dan MPA untuk menarik minat-bakat para mahasiswa supaya nantinya dapat semakin berkembang.
 
Acara permainan/games menjadi acara yang dengan antusias diikuti para peserta.  Selain mempererat persaudaraan para peserta, permainan ini menjadi meriah karena memperebutkan hadiah dari panitia. Setelah permainan, acara diisi dengan pentas seni. Mengingat RESAH juga ikut memeriahkan acara ini, beberapa teman dari RESAH turut menampilkan bakat-bakatnya di panggung. Penampil pertama berasal dari Sejarah angkatan 2021 yang mempertontonkan modern dance dan menyanyikan lagu keluaran terbaru dari salah satu girl group Korea ternama. Beberapa mahasiswa juga memperlihatkan mahirnya memetik gitar sekaligus bernyanyi. Acara pentas seni ditutup dengan penampilan seni kontemporer tanpa dialog dari dua mahasiswa Prodi Sejarah.

Kembali