FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS SANATA DHARMA

Donor Darah? Siapa Takut!

Kegiatan donor darah merupakan salah satu kegiatan yang memiliki ragam manfaat bagi tubuh kita seperti untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh, pergantian sel-sel darah dan menjadi media pemeriksaan kesehatan secara periodik. Tentu saja donor darah juga bermanfaat bagi orang lain yang memerlukan bantuan transfusi darah. HMPS Sejarah USD melalui unit kerjanya, yaitu UKPS Dharma Masyarakat bersama PMI Sleman mengadakan donor darah yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 14 Mei 2022, bertempat di Ground Floor Fakultas Sastra, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Kegiatan tersebut berlangsung dari pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB.


Donor darah kali ini menjadi donor darah kedua yang diselenggarakan oleh HMPS Sejarah USD, didukung oleh berbagai pihak yang turut membantu menyelenggarakan dan mempromosikan kegiatan ini. Antusiasme peserta sangat banyak dari berbagai program studi di Universitas Sanata Dharma dan masyarakat umum. Peserta yang mendaftar donor darah mencapai 50 orang, namun tidak semua dapat mendonorkan darahnya karena adanya kondisi tertentu ketika pemeriksaan kesehatan dinyatakan belum dapat mendonorkan darahnya, meskipun ada rasa kecewa, antusiasme peserta masih terlihat dan berharap dapat mendonorkan darahnya pada kegiatan yang akan datang.

Hal menarik dari donor darah kali ini adalah hampir 50% peserta adalah pendonor pemula, harapan dari kegiatan selanjutnya adalah semakin banyak pendonor pemula yang terdorong untuk ikut serta dalam kampanye donor darah. Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang menjadi program kerja dari UKPS Dharma Masyarakat yang diharapkan dapat terus berlanjut hingga ke depannya, dan bermanfaat bagi setiap orang.

Penulis : Fiermandy Pramono Putra
Editor : Patria Budi Suharyo

Kembali