KESAN LULUSAN

Cesilia Sasanda E.P.N.
Freelance SEO Writer, Pemimpin Redaksi BilikSastra.com

Selama menempuh studi di Program Studi Sastra Indonesia Universitas Sanata Dharma, ada banyak pengalaman berkesan yang bisa didapatkan. Selain suasana kelas yang mendukung, kurikulum yang disusun mendukung mahasiswa untuk menggali potensinya. Salah satunya mata kuliah Pembuatan Media Jurnalistik Daring. Dari mata kuliah tersebut saya bisa belajar dan praktik penyusunan situs website yang jadi bekal di dunia kerja.

Iska Pebrina Rajagukguk
SEO Writer di Bittime

Menimba ilmu di Program Studi Sastra Indonesia, Universitas Sanata Dharma memberikan banyak pengalaman berkesan bagi saya.

Berbagai mata kuliah membuka kesempatan di berbagai bidang. Secara khusus, mata kuliah Pembuatan Media Jurnalistik Daring akhirnya menuntun saya menapaki jalan karier sebagai seorang content writer.

Lebih penting lagi, kuliah Sastra Indonesia membuat saya semakin mencintai hal-hal yang berkaitan dengan sastra, bahasa, dan budaya, khususnya di Indonesia.

Veronika Ivanalia Aninda P.
Sales Superintendent di Gramedia

Senang dan bersyukur sekali bisa menjadi bagian dari Sastra Indonesia di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Banyak sekali ilmu dan pengalaman yang telah saya terima, serta bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari maupun di tempat saya bekerja saat ini.

Saya merasa bangga berada di prodi ini karena membawa saya dan teman-teman saya memiliki media bernama Bilik Sastra, yang kami kembangkan dari mata kuliah Pembuatan Media Daring. Hingga saat ini masih kami kelola dan semoga terus berkembang.

Terima atas kesempatan yang luar biasa ini.

Anindita Ayu Gita Coelestia
Sekretaris Prodi Filsafat Keilahian di Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Jakarta

Senang rasanya berkesempatan menimba ilmu di Prodi Sastra Indonesia, Universitas Sanata Dharma. Banyak hal saya peroleh selama berdinamika bersama para dosen yang luar biasa asik dan juga teman-teman mahasiswa yang aktif dan kreatif.

Selama kuliah, saya belajar banyak tentang bahasa, sastra, dan budaya. Selain itu, Prodi Sastra Indonesia juga membekali para mahasiswa untuk mempersiapkan diri di dunia kerja.

Bagi saya, ilmu yang saya peroleh selama kuliah sangat bermanfaat dan menunjang pekerjaan saya saat ini.

Magdalena Puspa Kurnianti
Reporter di Grid.id

Suatu kebanggaan untuk bisa menjadi bagian di Sastra Indonesia, Universitas Sanata Dharma.
Sastra Indonesia USD mengajari saya banyak hal, tidak hanya tentang yang akademis.

Saya sadari, materi yang saya dapatkan selama kuliah ternyata menjadi bekal penting untuk dunia kerja saat ini. Terlebih, persoalan berbahasa kali ini sangat dibutuhkan untuk segala aspek.

Kedekatan para dosen kepada mahasiswanya juga menjadi nilai tambah yang saya dapatkan selama kuliah di Sastra Indonesia USD.

Agustinus Rangga Respati
Reporter Kompas.com

Memiliki kesempatan menjadi mahasiswa Sastra Indonesia di Universitas Sanata Dharma memberi saya pengalaman untuk belajar banyak hal. Semua pemelajaran yang saya alami mendukung profesi yang saya tekuni.

Misalnya, mata kuliah menyimak membantu saya terampil menangkap informasi dengan cepat dan akurat. Semua mata kuliah penulisan memudahkan saya menuangkan gagasan dengan berbagai alat bantu berpikirnya. Sementara, kegiatan di luar kelas memberikan saya kesempatan untuk berkembang dengan otentik.

Tak lupa, semua kegiatan di Bengkel Sastra membantu saya berani berekspresi dan memiliki gagasan. Tentu saja, menjadi mahasiswa Sastra Indonesia membuka peluang untuk masuk ke berbagai bidang pekerjaan nantinya.

Yang tak kalah berkesan, kedekatan antara mahasiswa, dosen, dan semua komunitas akademiknya membuat proses kuliah jadi lebih menyenangkan.

Paskalia Irene Jaga Lejap
Staf PPSDM Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

Saya senang belajar di Universitas Sanata Dharma, terkhusus di Program Studi Sastra Indonesia karena saya bisa bertemu teman-teman dari beragam latar belakang dan budaya.

Program Studi Sastra Indonesia memberikan saya kesempatan untuk mengasah soft skill dengan baik melalui HMPS dan UKM yang ada.

Bramantyo Yamasatrio Kumoro
Guru Bahasa Indonesia SD-SMP Global Nusantara

Buat saya pribadi, kuliah di Sastra Indonesia ada yang lebih penting dari sekadar kuliah akademis beserta pengalaman organisasi.

Namun, pelajaran penting yang saya dapat di Sastra Indonesia adalah pelajaran hidup baik sosialisasi bersama orang lain, menghargai kehidupan, menghargai sebuah karya menurut saya justru lebih penting untuk beradaptasi di tengah masyarakat sebagai pribadi berkarakter.

Terima kasih untuk semua keluarga Sastra Indonesia, panjang umur segala hal baik.

Fransiska
Relationship Officer di Bank Sinarmas KCP Sintang

Sangat senang dan terhormat menjadi alumni Sastra Indonesia di Sanata Dharma, banyak pengalaman yang didapatkan selama kuliah baik akademik maupun nonakademik, contoh ilmu yang paling sesuai dengan profesi saya, yaitu bahasa sebagai alat komunikasi.

Pengunaan bahasa untuk sarana komunikasi membuat saya dapat membangun relasi dengan banyak banyak orang.

Semua ilmu dan pengalaman yang didapatkan selama berkuliah sangat mempengaruhi seseorang untuk siap berada di lingkungan kerja.

Petrus Purwanto
Guru Bahasa Indonesia di SMA Katolik Santo Hendrikus Surabaya

Sungguh senang bisa belajar di Universitas Sanata Dharma, khususnya Sastra Indonesia. Kalau dibilang sastra itu indah, ya itulah kita. Belajar bahasa Indonesia juga harus indah, seindah dunia sastra.

Saya merasa bahagia bisa kuliah di Sastra Indonesia. Saya bertemu dengan orang-orang hebat, kawan-kawan yang beragam, dosen-dosen yang luar biasa cerdas dan humanis. Itu semua memberikanku bekal untuk jadi seorang guru.

Berbagai kegiatan dan kepanitiaan yang saya ikuti saat kuliah membangun jiwa dan diri saya untuk menjadi guru yang kreatif & terus berinovasi, dan tentunya berguna.

Agata Noviana Rekha Minarastya
Guru Bahasa Indonesia di SMP Santa Maria Jakarta

Suatu anugerah terindah ketika saya menjadi bagian dari Sastra Indonesia, Universitas Sanata Dharma. Saya mendapatkan banyak bekal yang bukan hanya pengetahuan akademik, melainkan juga keterampilan dalam berorganisasi dan ilmu untuk menuju dunia kerja.

Banyaknya pengalaman dalam berproses, belajar, dan berinteraksi di Sastra Indonesia USD membawa saya menjadi seorang content creator di Pikiran Rakyat Media Network. Selain itu, saat ini saya juga menjadi seorang guru Bahasa Indonesia di SMP Santa Maria Jakarta.

Anugerah terindah selanjutnya adalah saya dipertemukan dengan dosen-dosen terbaik, teman seangkatan, kakak tingkat maupun adik tingkat yang juga sangat luar biasa.

Claudia Valentina Aghata
Pegawai Negeri Sipil dan Pemilik @shangshirt.id, @omahbucket.id, & @omah_icecream

Merupakan suatu kebanggaan menjadi bagian dari alumni mahasiswa Sastra Indonesia USD karena bagi saya prodi ini menjadi tempat yang representatif untuk belajar dan menuntut ilmu dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia.

Prodi Sastra Indonesia USD memberikan kesempatan belajar secara dialogis dengan mengajak mahasiswa untuk aktif dalam diskusi.

Saya belajar banyak hal di sini, mulai dari mempelajari 4 keterampilan bahasa yaitu, menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Keempatnya mengajari saya bagaimana berbahasa secara baik dan efektif.

Hal tersebut menjadi bekal dalam menekuni profesi saya saat ini sebagai frontliner di perbankan untuk menjalin interaksi komunikasi dengan nasabah. Bonus lain adalah bertemu dengan dosen-dosen terbaik yang membimbing mahasiswanya dengan sepenuh hati

Kabrina Rian Ferdiani
Content Writer di Modal Rakyat (modalrakyat.id)

Selama saya kuliah, Prodi Sastra Indonesia USD memberi saya kesempatan untuk belajar. Saya bertemu dosen-dosen yang dekat dengan mahasiswa dan terbuka untuk berdiskusi.

Saya juga belajar berorganisasi melalui HMPS Sastra Indonesia. Selain itu saya juga mendapatkan kesempatan untuk magang di salah satu media daring lokal di Yogyakarta. 

Melalui pengalaman-pengalaman tersebut, Prodi Sastra Indonesia membantu saya untuk mempersiapkan diri baik di bidang akademik, nonakademik, dan juga profesionalisme untuk mulai berkarya di dunia kerja.

Ayu Primasandi
Pengalaman: Jurnalis di Tempo dan Praktisi Humas di PT Perusahaan Gas Negara

Setelah lulus kuliah saya menjadi jurnalis di majalah Tempo. Di sana saya sehari-hari meng-cover isu-isu ekonomi dan sesekali politik nasional. 

Setelah 6 tahun di Tempo, saya memutuskan mengembangkan diri saya dengan bergabung dengan PT Perusahaan Gas Negara, sebuah BUMN yang bergerak di bidang energi sebagai praktisi humas (public relations).

Di sana saya bertugas untuk menangani hubungan perusahaan dengan media massa. 

Semua itu merupakan buah dari apa yang saya peroleh di Prodi Sastra Indonesia USD yang memberikan mata kuliah-mata kuliah di bidang jurnalistik dan juga kehumasan.

Ferdinandus Moses
Peneliti di Badan Bahasa

Intan Wahyuningtias
Sales Manager di Winata Jewelry

Bagi saya ilmu yang saya dapatkan setelah belajar di Sastra Indonesia tidak hanya ilmu untuk pendidikan namun juga ilmu untuk kehidupan.

Kehidupan dalam bekerja maupun kehidupan sosial dengan lingkungan sekitar saya.

Dengan ilmu yang saya dapat, saya selalu diajari untuk menganalisis dan melihat segala hal dari berbagai cara sudut pandang.

Hal tersebut membuat saya bisa berempati terhadap orang lain dan tepat dalam mengambil keputusan.

Stevanus Febryanto Wahyu Susilo
Digital Marketing di PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (Mitra10)

Menimba ilmu di Sastra Indonesia USD merupakan pilihan yang tepat. Tak hanya belajar bahasa & sastra, tapi lebih dari itu.

Banyak ilmu & mata kuliah yang pada akhirnya membuka kesempatan di berbagai bidang.

Secara praktis, lulusan Sastra Indonesia dapat bekerja di banyak bidang, khususnya di era modern digital saat ini.

Kegiatan di luar pembelajaran kelas, seperti Bengkel Sastra & Jurnalistik juga menjadi pedoman yang menghiasi proses terbentuknya kemampuan lulusan nantinya.

Erta Ardheana
Service Advisor PT Bank OCBC NISP

Belajar bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Sanata Dharma selama 3,5 tahun menjadi bekal yang sangat penting dan bermanfaat untuk saya, terutama dalam hal komunikasi.

Pada profesi saya dua tahun terakhir ini sebagai Frontliner di Perbankan, saya dituntut untuk bisa menjalin hubungan baik dengan nasabah ataupun orang-orang baru setiap harinya dengan berbagai latar belakang.

Beberapa mata kuliah di konsen penerapan yang pernah saya ambil, menurut saya sangat membantu dalam pekerjaan saya.

Theresia Anindya Ika Putrie
Guru Bahasa dan Sastra Indonesia SMA Santa Ursula BSD

Selama belajar di Program Studi Sastra Indonesia Universitas Sanata Dharma  saya lebih bisa mengembangkan diri melalui berbagai mata kuliah, terutama di Kelas Ekspresi saat membuat film.

Saya juga bisa lebih dekat dengan para dosen, teman-teman satu angkatan dari berbagai daerah asal, kakak dan adik tingkat.

Sampai sekarang saya menjadi guru, mata kuliah yang diajarkan sangat bermanfaat bagi saya. 

Lorensius Eka Setiawan
Guru Bahasa dan Sastra Indonesia SMA Santa Ursula BSD

Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia membuat karakter dalam diri saya lebih kuat dalam profesi yang saya tekuni sekarang sebagai seorang guru bahasa dan sastra Indonesia, ilmu-ilmu yang diberikan sangat bermanfaat, relevan dan mendalam.

Terima kasih Sastra Indonesia USD. Tetap Jaya!

Anastasia Tita Pratiwi
Content Creator di VINDES (www.vindes.id)

Di perkembangan dunia digital yang pesat ini, Sastra Indonesia dapat membawa saya ke lahan kreativitas yang sangat luas. Bahasa, Sastra, dan Ekspresi Sastra menjadi bekal penting terhadap profesi yang saya jalani saat ini.

Bahasa membuat saya lebih peka terhadap kaidah penulisan yang benar; Sastra membuat saya berani menulis kreatif; dan Ekspresi Sastra membentuk diri saya bahwa kreativitas tak hanya berhenti di satu pikiran saja.

Ketiga modal ini menjadi pegangan saya untuk mengarungi dunia media sosial dan copywriting. Tak melulu di dunia yang itu-itu saja, Sastra Indonesia dapat membawa saya ke dunia yang tak pernah terbayangkan sebelumnya.

Kedekatan antara dosen dengan mahasiswa juga menjadi nilai tambah kebahagiaan dapat mengemban ilmu di Sastra Indonesia USD.

Rosa Sekar Mangalandum
Staf Profesional PPM Manajemen Jakarta

Belajar bahasa dan sastra Indonesia di Program Studi Sastra Indonesia USD membuat saya lebih peka memahami konsep komunikasi bisnis, khususnya di Indonesia dan saya lebih terampil menyampaikan aneka gagasan melalui tulisan.

F.X. Agus Basuki
Sastrawan dan dosen Politeknik Tonggak Equator, Kalimantan Barat

Selama belajar di Program Studi Sastra Indonesia USD, saya dibimbing untuk terus mengasah kemampuan belajar, merawat minat, dan mengembangkan bakat, khususnya dalam bidang sastra.

Hingga hari ini, semangat yang saya temukan saat kuliah masih menyala.

Terima kasih Sastra Indonesia USD.

Hastuti Udi Rahayu
Departemen Kreatif RTV

Saya begitu menikmati setiap mata kuliah dan proses pembelajaran yang pernah saya tempuh di Program Studi Sastra Indonesia USD.

Dalam profesi saya sebagai tim kreatif RTV saat ini, mata kuliah tersebut sangat bermanfaat.

Saya menjadi bisa menulis naskah dan konsep sebuah program TV.

Fransiska Firlana
Jurnalis Kontan

Sastra, Bahasa, Ekspresi Sastra, dan Jurnalistik menjadi bekal penting terhadap profesi yang saya jalani.

Kuliah di Sastra Indonesia sangat memungkinkan untuk selesai cepat karena dosen sangat kooperatif dalam mendampingi mahasiswa.

Christopher Allen Woodrich
Penerjemah di Woodrich Translation

Selama empat tahun menjadi mahasiswa asing (dari Kanada) di Program Studi Sastra Indonesia USD, saya belajar banyak bukan hanya tentang Indonesia yang tunggal, tetapi juga tentang Indonesia yang bineka.

Betapa kaya kebudayaan tradisional Indonesia.

Betapa kuat keberagaman yang saya pelajari di Sastra Indonesia.

 kembali