PROFIL

Profile Lulusan

Profil lulusan Program Studi Matematika USD dirumuskan berdasarkan acuan dari USD, Fakultas Sains dan Teknologi, dan Himpunan Matematika Indonesia (IndoMS). Universitas Sanata Dharma, berdasarkan Surat Keputusan Rektor No:26/Rektor/I/2014 memutuskan profil lulusan, capaian pembelajaran dan matakuliah wajib tingkat universitas yang wajib diikuti oleh segenap program studi di USD yang diharapkan menjadi penciri umum lulusan Universitas Sanata Dharma.

Profil lulusan USD adalah pribadi beriman yang menguasai keahlian dalam bidang ilmunya, mampu berkomunikasi secara efektif, siap sedia bekerjasama dengan berbagai pihak, dan dengan semangat magis berani memperjuangkan kebenaran dan keadilan, dalam rangka menjunjung tinggi keluhuran martabat manusia.

Berdasarkan profil lulusan USD  tersebut serta mengacu pada ketentuan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI) dirumuskan 7 capaian pembelajaran.  Selanjutnya Fakultas Sains dan Teknologi (FST) menambah 4 capaian pembelajaran  sebagai penciri fakultas yang mengelola ilmu-ilmu sains dan teknologi. Dalam konteks Program Studi Matematika kesebelas capaian pembelajaran tersebut langsung diadopsi dan dilambangkan dengan CP-FST 1 sampai dengan CP-FST 11.

Capaian Pembelajaran  Aspek SIKAP  DAN KETRAMPILAN UMUM

1.)Mampu mewujudkan imannya dalam tindakan, menghargai iman dan/atau keyakinan orang lain, serta  merefleksikan pengalaman perwujudan imannya dalam kehidupan (CP-FST 1)

2.)Mampu berperan sebagai warga negara yang cinta tanah air dan memiliki  semangat nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada bangsa dan negara berdasarkan Pancasila. (CP-FST 2)

3.)Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan moral dan etika, serta taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. (CP-FST 3)

4.)Mampu bekerjasama dengan berbagai pihak yang memiliki keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan (CP-FST 4)

5.)Memiliki semangat memperjuangkan keadilan, kepemimpinan, dan sikap bertanggungjawab (CP-FST 5)

6.)Memiliki kemampuan berkomunikasi efektif secara verbal dan non-verbal, serta memiliki kemampuan mengapresiasi estetika (CP-FST 6)

7.)Menguasai tingkat keahlian dalam bidang ilmu sesuai dengan jenjang pendidikan yang diikuti, dan mampu mengikuti perkembangan bidang ilmunya (CP-FST 7)

8.)Mampu  menguasai konsep teoritis bidang sains  dan teknologi, mengaplikasikannya, dalam penyelesaian masalah serta mempublikasikan hasil karyanya yang dapat diakses oleh masyarakat akademik (CP-FST 8)

9.)Mampu melakukan pengkajian pengetahuan dan atau teknologi di bidangnya berdasarkan kaidah keilmuan yang disusun dalam bentuk tugas akhir beserta deskripsinya berdasarkan metoda atau kaidah rancangan baku (CP-FST 9)

10.)Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis dalam melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya (CP-FST 10)

11.)Mampu menginternalisasi semangat kemandirian dan kejuangan (CP-FST 11)

Konsekuensi dari capaian pembelajaran dan bahan kajian yang ditetapkan oleh USD dan FST terdapat matakuliah-matakuliah wajib USD dan FST yang langsung dimuat dalam kurikulum Prodi Matematika USD yaitu:

No Matakuliah sks jp
1 Pendidikan Agama 2 2
2 Teologi Moral/Filsafat Moral 2 2
3 Pancasila 2 2
4 Pendidikan Kewarganegaraan 2 2
5 Bahasa Indonesia 3 3
6 Bahasa Inggris 3 3
7 KKN 3 3
8 Etika Profesi 2 2
9 Kewirausahaan 2 2
10 Statistika *) 2 2
*) secara khusus, matakuliah statistika sudah menjadi matakuliah inti Prodi

Berdasarkan peta bidang kerja lulusan, dapat disimpulkan bahwa bidang kerja lulusan dapat digolongkan menjadi 2(dua) kelompok besar yaitu sebagai akademisi dan praktisi matematika di bidang industri manufaktur dan jasa. Kedua peran tersebut sejalan dengan rekomendasi profil lulusan yang disepakati oleh Himpunan Matematika Indonesia (IndoMS). Selanjutnya, capaian pembelajaran Prodi Matematika USD juga mengacu pada capaian pembelajaran yang disepakati oleh IndoMS dan dirumuskan sebagai berikut.

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi Matematika:

1.)Mahasiswa mampu menunjukkan sikap religius, cinta tanah air, dan  menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. (CPL-1)

2.)Mahasiswa mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab dan berkomitmen terhadap nilai-nilai moral, etika, norma, penegakan hukum serta memperjuangkan keadilan. (CPL-2)

3.)Mampu berpikir kritis, kreatif, inovatif, dan sistematis dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, baik secara mandiri maupun dalam kelompok. (CPL-3)

4.)Mampu menyampaikan gagasan matematika berdasarkan kaidah-kaidah keilmuan baik secara lisan maupun tertulis dan memublikasikannya dengan dilandasi nilai-nilai kejujuran akademis. (CPL-4)

5.)Mampu melakukan eksplorasi, penalaran logis, generalisasi, abstraksi, dan pembuktian formal dalam merumuskan masalah dengan variabel dan asumsi yang spesifik. (CPL-5)

6.)Mampu merekonstruksi, memodifikasi, menganalisis model matematis dari suatu sistem/masalah, mengkaji keakuratan model dan kemanfaatan model dan menarik kesimpulan yang kontekstual. (CPL-6)

7.)Memiliki  kemandirian  belajar  sepanjang  hayat untuk pengembangan diri dan   menerapkan  gagasan  matematika  secara  kreatif   untuk menyelesaikan   masalah serta mampu mengomunikasikannya secara bertanggungjawab. (CPL-7)

8.)Menguasai konsep teoretis matematika meliputi logika matematika, matematika diskret, aljabar, analisis dan geometri, serta teori peluang dan statistika. (CPL-8)

9.)Menguasai prinsip-prinsip permodelan matematika, program linear, persamaan diferensial, dan analisis numerik. (CPL-19)

 kembali