| Berdasar Statuta Universitas Sanata Dharma, Biro Humas adalah unsur pelaksana administratif yang menyelenggarakan pelayanan administratif dan teknis untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengembangkan hubungan dengan pemangku kepentingan (Statuta, Pasal 230 ayat 11).
Oleh karenanya, Biro Humas USD bertugas untuk:
- Mengelola peningkatan citra universitas di mata publik;
- Mengelola komunikasi dengan pihak internal maupun eksternal;
- Memberikan informasi yang tepat tentang universitas kepada publik;
- Mempromosikan Universitas Sanata Dharma.
Organisasi Biro Humas
Biro Humas dikepalai oleh seorang Kepala yang bertanggung terhadap berjalannya seluruh kegiatan pelayanan administratif dan teknis sesuai dengan Statuta USD Pasal 230 ayat 11.
Kepala Humas mempunyai tugas untuk:
- Melaksanakan kebijakan strategis universitas dan menyusun kebijakan operasional Biro Humas.
- Mengelola kegiatan dokumentasi, promosi, dan pemasaran dengan mengoordinasikannya dengan sumber daya universitas.
- Melakukan koordinasi terhadap SOP pelayanan dari berbagai unit di Universitas dalam rangka sinergi dan integrasi pelayanan.
Seorang Kepala Humas dibantu oleh petugas dalam bagian-bagian unit kerja yang diperlukan guna pelaksanaan pelayanan.
Berikut ini adalah bagian-bagian kerja organisasi di Biro Humas beserta tugas pokoknya:
- Bagian Publikasi, Dokumentasi dan Pengeloaan Informasi
- Mengembangkan sistem pengumpulan, penyimpanan, pemeliharaan, penyajian serta pelayanan Informasi kepada public.
- Mengelola dokumentasi foto dan video serta peliputan berita universitas;
- Mengelola sarana komunikasi resmi universitas seperti, khususnya Website dan Media Sosial.
- Bagian Hubungan Kemitraan, Promosi dan Pemasaran
- Menjalin hubungan kemitraan dengan pihak eksternal, baik media massa, pengguna lulusan, sekolah, gereja maupun lembaga-lembaga lain.
- Menjalin layanan komunikasi dan memberikan solusi atas pertanyaan serta permasalahan yang disampaikan oleh pihak eksternal melalui saluran komunikasi resmi universitas (telepon, email, surat faks, maupun media sosial).
- Merencanakan strategi promosi universitas, khususnya dalam Penerimaan Mahasiswa Baru melalui berbagai program, kegiatan dan media promosi yang ada.
- Melaksanakan aktivitas promosi seperti pameran pendidikan, sosialisasi sekolah, kunjungan kampus, dan sponsorship.
- Produksi alat atau media promosi.
- Bagian Administrasi dan Keuangan
- Melakukan tata kelola keuangan di tingkat Biro Humas.
- Mendukung pelaksanaan program, kegiatan dan layanan Biro Humas.
|